Cara menggunakan rumus if pada Microsoft Excel 2007

Pada ulasan sebelumnya telah dibahas tentang cara memanfaat fitur "insert" di Microsoft Excel. Diantaranya memasukkan clipart, menambahkan nomor halaman (page number), foto, membuat diagram dan masih banyak lagi. Sekarang anda akan belajar tentang cara menggunakan rumus If di Microsoft excel.

Rumus if ini bisa anda gunakan untuk membuat keterangan pada sel dengan ketentuan yang sama untuk seluruh sel. Misalnya untuk memberikan menentukan tuntas atau tidak tuntas nilai akhir siswa di sekolah. Apakah dia harus melakukan remedial atau tidak.

5 langkah cara menggunakan rumus if pada Microsoft excel

rumuspenilaiansiswakelas
  1. Buka program Microsoft excel

  2. Masukkan nama siswa dan data nilai pada table seperti di bawah. Yang perlu anda masukkan hanyalah nilai saja ya. Anda tidak perlu memasukkan Jumlah, Standar Deviasi, Rerata, Nilai Tertinggi dan Nilai Terendah. 

  3. Yang perlu anda lakukan pertama kali adalah menghitung predikat untuk siswa  bernama “Tika”.  Untuk mengetahui  apakah ketuntasan Tika, klik “sel H3” dan masukkan rumus  berikut ini:

  4. =IF(G3>=65,"Tuntas","Remidi")
  5. Tekan enter.

  6. Selesai.

Untuk mengetahui nketerangan siswa lain anda bisa langsung mengopy (menyalin) dari sel H3. Untuk mengetahui cara menghitung Jumlah, Standar Deviasi, Rerata, Nilai Tertinggi dan Nilai Terendah, anda bisa lihat di daftar isi blog ini.

**
  • Kriteria yang ketuntasan untuk nilai siswa yang digunakan di atas  adalah,  Siswa di katakana tuntas apabila nilai>=65.

  • Rumus untuk menghitung nilai akhir siswa yang digunakan adalah (Nilai Tugas + Nilai UTS + Nilai UAS) : 3

Lihat video;