Cara mudah membuat struktur organisasi di Microsoft Word 2007

Biasanya ketika anda baru belajar word anda akan dituntut untuk bisa membuat bagan atau struktur. Misalnya struktur organisasi sekolah, struktur organisai pada suatu lembaga, silsilah keluarga dan sebagainya. Di Microsoft word anda bisa membuat struktur atau bagan dengan mudah, tanpa harus membuatnya secara manual. Anda cukup memanfaatkan fitur smartart . Berikut langkah-langkah mudah membuat struktur organisasi di ms word.

Cara mudah  membuat struktur organisasi di Microsoft Word 2007
Tahap kesatu. Anda buka Microsoft office Word 2007 dan langsung anda klik tab “Insert”. Pada bagian illustration anda bisa mengklik “smartart”

Tahap kedua. Setelah jendela “Choose a smartart Graphic” terlihat anda bisa memilih kategori “Hierachy”. Dan anda akan melihat beberapa model bagan, biasanya untuk membuat struktur organisasi model yangs sering digunakan adalah “Organization Chart”. Maka anda bisa mengklik model “Organization Chart” dan mengklik tombol “OK”. Selanjutnya bagan akan otomatis ditambahkan ke dokumen anda, dan anda bisa mengedit teks pada bagan.
PowerPoint Smartart
Tahap ketiga. Pada langkah ini anda akan mengetahui cara menambahkan dan mengurangi bagan. Untuk mengahapus salah satu elemen bagan sangat mudah, anda hanya perlu mengklik bagian yang akan dihapus dan langsung aja klik tombol delete di keyboard. Selesai, dan bagian bagan tersebut akan segera hilang.

Sedangkan untuk menambahkan elemen baru pada bagan, maka pertama anda klik salah satu elemen terlebih dahulu. Sebagai contoh saya akan menambahkan elemen baru setelah elemen “D” , sebelum elemen “E” dan sejajar dengan elemen “D” atau pun “E” (lihat gambar di bawah). Maka anda klik elemen “D”, lalu  klik kanan mouse  dan pilih “Add shape after”. Elemen baru pun akan otomatis ditambahkan ke dalam bagan anda.
PowerPoint Smartart
Catatan: anda bisa menambahkan di bagian bawah elemen (above/assistant), dibagian atas (Above), setelah elemen yang dipilih (after) dan untuk sebelum elemen yang dipilih (before).

Tahap keempat. Untuk mengubah warna bagian tertentu dari bagan, maka anda bisa mengklik bagian tersebut. Selanjutnya anda klik kanan mouse, pilih “Format Shape”. Dan jendela format shape akan muncul. Untuk mengubah warna garis tepinya anda bisa mengklik  bagian “Line color” dan untuk warna isi anda bisa mengklik “Fill color”. Lakukan uji coba pada bagan anda untuk memperoleh bagan yang memuaskan.
PowerPoint Smartart
Catatan 2. Anda bisa menggunakan tab format dan tab design untuk mengotak-atik bagan anda. Karena dalah tab design dan tab format terdapat alat-alat yang bisa memudahkan anda dalam memformat bagan. Kedua tab tersebut hanya muncul jika anda mengklik bagan, jadi untuk menggunakannya anda harus terlebih dahulu mengklik bagan.