Cara membuat bagan pada Microsoft PowerPoint 2007

Manfaat menyisipkan bagan dalam sebuah dokumen tentunya tak dapat dipungkiri lagi. Baik itu bagan yang disisipkan ke dalam dokumen cetak ataupun elektronik. Kalau dalam dokumen elektronik salah satunya slide presentasi.

Misalnya anda hendak membuat slide presentasi tentang sebuah struktur organisasi, tentunya akan menggunakan banyak teks dalam beberapa halaman slide. Tapi kalau anda menyajikannya dalam bentuk bagan akan lebi simple. Selain itu audien anda juga akan lebih mudah memahaminya. Berikut cara membuat bagan di Microsoft powerpoint.

Cara membuat bagan pada Microsoft PowerPoint 2007
Langkah pertama. Langsung saja anda buka program Microsoft office PowerPoint 2007. Kemudian anda klik “smartart”. Apabila anda kesulitan menemukan tool smartart, maka anda bisa langsung melihatnya pada grup “Illustrations”.

Langkah kedua. Setelah jendela “Choose a smartart Graphic” muncul, maka anda klik “Hierarchy” pada panel tipe bagan. Lalu anda pilih “Organization Chart”. Dan klik tombol “OK”. Selanjutnya ada ketiks teks secara manual.
PowerPoint Smartart
Langkah ketiga. Tahap ini tentang cara mengurangi dan menambahkan bagian bagan. Apabila anda ingin menghapus salah satu bagian bagan, maka anda cukup mengklik bagian tersebut dan langsung tekan tombol “delete” di keyboard anda. Misalnya anda ingin menghapus bagian “D” maka anda klik bagian D tersebut (lihat gambar di bawah) lalu tekan delete.

Caranya menambahkan bagian bagan. Pada tahap ini langsung saja  ke contoh. Misalnya bila anda ingin menambahkan bagian baru Antara D dan E, maka anda bisa langsung klik bagian “D”. Lalu anda klik kanan mouse dan klik “add shape after”. Dan bagian baru pun akan langsung ditambahkan.
PowerPoint Smartart
Sedangkan untuk menambahkan bagian baru di bawah bagian “D”, maka anda klik bagian “D” terlebih dahulu. Kemudian klik kanan mouse dan anda bisa mengklik “Add Shape Below” atau “Add Assistant”. Begitulah seterusnya, anda bisa menggunakan add shape after, add shape before, add shape above, add shape below atau pun Add Assistant.

Langkah keempat. Pada tahap ini anda akan belajar mengubah warna bagian bagan.  Misalnya anda ingin mengubah warna bagan “D”. Maka silahkan anda klik bagian tersebut, kemudian klik kanan mouse dan klik “Format Shape”.
PowerPoint Smartart
Berikutnya anda akan melihat jendela “Format Shape” muncul. Lalu anda klik “Fill”, pilih “solid fill” dan pada bagian color anda bisa memilih warna kesukaan anda. Sedangkan untuk mengubah warna garis tepi anda bisa mengklik “Line color”. Ada beberapa tool lainnya yang tersedia pada format shape, dan anda bisa bereksperimen dengan tool tersebut untuk mempercantik bagan anda.

Langkah kelima. Selain warna anda juga bisa mengubah bentuk bagan. Jika bagan standar organization chart berbentuk persegi, maka anda bisa mengubahnya menjadi bentuk lingkaran. Contoh, untuk mengubah bentuk bagan “D”, maka klik bagan “D”. Lalu anda klik kanan mouse, dan pilih “Change Shape”. Terakhir anda bisa memilih dan mengklik bentuk yang anda sukai.

Tab Design dan Tab Format
Apabila anda mengklik bagan, maka anda akan melihat tab “Design” dan tab “Format” muncul pada ribbon. Tab ini hanya akan muncul ketika anda mengklik bagan, karena gunanya untuk mendesain dan memformat bagan. Lakukan uji coba pada bagan anda dengan tool yang tersedia pada tab “Design” dan tab “Format” ,  maka anda akan dapat menghasilkan bagan yang cantik dan menarik.