Cara melindungi akun facebook anda dari serangan hacker

Pernahkah anda membayangkan, suatu ketika akun facebook anda di hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab? Bisa jadi hacker itu adalah teman  atau mantan pacar anda sendiri. Tentu hal itu akan sangat mengkhawatirkan. Peretasan akun facebook bisa berbuntut pada tindakan criminal yang lain.

Contohnya, pencemaran nama baik, pemerasan penipuan dan sebagainya. Lalu apa yang bisa anda lakukan untuk menghindari terjadinya peretasan akun facebook anda. berikut ini ada beberapa Cara melindungi facebook dari serangan hacker.

Jangan beritahukan password anda ke orang lain

Jangan beritahukan password anda ke orang lain. Meskipun orang yang anda beritahu itu adalah orang yang anda percayai, saudara, sahabat,teman atau bahkan kekasih anda.

Jangan mengklik link tak dikenal

Jangan mengklik link yang anda tidak tahu, baik itu dari pesan (inbox), link yang di share orang lain di beranda, atau yang lainnya. hal ini untuk menhindari masuknya virus yang masuk bersama link tersebut.

Tambahkan email alternative

Gunakan email alternative untuk akun facebook anda.  jika akun facebook anda dan email anda juga diretas, maka anda bisa memulihkan akun facebook anda dengan email anda yang lain. Hal ini dilakukan untuk antisipasi.

Hindari aplikasi pihak ketiga

Sebisa mungkin hindari aplikasi pihak ketiga mengakses informasi anda.  misalnya jika anda hendak masuk ke suatu situs kemudian situs itu mensyaratkan anda untuk login dengan menggunakan akun facebook anda, atau ketika anda hendak ingin mendownload sesuatu.  Jika Anda tidak menggunakan aplikasi, lebih baik untuk menonaktifkan atau menghapus aplikasi tersebut

Maksimalkan pengaturan keamanan facebook/Security settings

  • Aktifkan pemberitahuan masuk/login notifications
  • Persetujuan masuk ke facebook/login approval/persetujuan mlebu
  • Aktifkan generator kode/code generator
  • Kata sandi aplikasi/app passwords
  • Kontak terpercaya/trusted contacts
  • Browser terpercaya/trust browsers
  • Tempat anda masuk/where you’re logged in

Ganti password berkala

Gantilah password anda secara berkala, misalnya semingu atau sebulan sekali. Gunakan password kombinas antar huruf, angka dan karakter. Misalnya, password: rfgh765@.

Update antivirus

Lakukan update antivirus pada computer anda secara berkala, hal ini untuk menghindari tindakan phising.

Bagaimana? Mudah bukan melindungi akun facebook kita. Apakah anda punya tips lain? Monggo, bagikan  ke kami pada kolom komentar.

Popular Post

Cara mengirim file powerpoint lewat Gmail

Cara mengirim note di edmodo

Cara mengirim file lewat Google drive

Cara menyimpan video yang telah di edit di Windows Movie Maker 6.0

Cara mengirim kontak line ke teman


Disclaimer: Seluruh informasi yang disajikan pada situs ini, seperti teks, grafik,gambar dan lain-lain, disediakan untuk tujuan pendidikan dan hiburan saja. Dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat profesional atau apapun. Penulis tidak bertanggung jawab atas penggunaan atau penyalahgunaan informasi yang diambil dari situs ini.

Cari tutorial yang diinginkan dengan support dari Google