Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan geografisnya

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan geografisnya di bagi atas tiga macam, yaitu LAN untuk area local, man (gabungan beberapa LAN) dan untuk area geografis yang lebih luas yaitu WAN(Wide Area Network). Berikut penjabaranya.

  • Local area network atau yang disingkat dengan LAN, merupakan salah satu jenis jaringan computer yang mana cakupan wilayahnya kecil. Misalnya jaringan computer sekolah, jaringan computer rumah, jaringan computer gedung atau lainnya. 

  • Metropolitan area network  atau yang juga disingkat MAN, merupakan salah satu jenis jaringan computer dalam sebuah kota dengan kecepatan transfer data tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kantor, sekolah, univeristas dan sebagainya. Metropolitan area network merupakan gabungan dari beberapa Local area network (LAN)

  • Wide Area Network atau yang disingkat  WAN, merupakan salah satu jenis jaringan computer yang mencakup area yang luas atau besar. Misalnya jaringan computer antar Negara atau wilayah. 

Untuk melihat sumber, lisensi dan membaca selengkapnya anda bisa mengunjungi ; http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer