Cara mengatur jarak atau spasi pada Microsoft Word 2007

Membuat dokumen di Microsoft word sangat mudah. Anda tinggal mengetikkan teks anda, menyisipkan gambar yang sesuai, atau mungkin menambahkan grafik dan semacamnya untuk melengkapi dokumen. Begitulah cara kerja Microsoft word sebagai aplikasi  untuk mengetik. Dengan aplikasi ini anda bisa mengatur kerapian atau kesesuaian dokumen kebutuhan.

Misalnya saja masalah pengaturan spasi.  Bila anda membuat dokumen untuk koleksi sendiri, seperti apapun bentuknya maka tidak aka nada yang peduli. Namun, kalau itu dokumen resmi, maka pengaturan spasinya harus sesuai ketentuan. Cara mengatur spasi di Microsoft word tidaklah sulit. Untuk anda yang belum mengetahui caranya, perhatikan instruksi dan screenshot di bawah!

Cara mengatur jarak atau spasi pada Microsoft Word 2007

Pertama.  Silahkan anda membuka file atau dokumen anda di program Microsoft Office Word 2007.

Kedua. Selanjutnya anda bisa memblok paragraf yang ingin anda atur spasinya. Kemudian anda klik tools spacing dan pilih "Line spacing options...".
Line spacing
Ketiga. Seusai anda klik "Line spacing options...", maka selanjutnya anda akan melihat jendela seperti gambar di bawah muncul. Anda bisa mengatur spasi pada bagian "Line spacings" dan terakhir klik "OK"
Cara mengatur spasi
Keterangan:
  • Single: pilihan spasi ini memuat huruf terbesar dalam baris dan juga sejumlah kecil ruang tambahan. Jumlah ruang yang ditambahkan bervariasi, semua tergantung pada jenis huruf (font) yang digunakan.
  • 1,5 lines, pilihan spasi ini sebesar 1,5 x spasi tunggal (single).
  • Double, artinya spasi dua kali lipat dari spasi tunggal.
  • At leats, pilihan spasi ini mengatur spasi minimum  yang anda butuhkan agar sesuai dengan font yang terbesar. Setelah anda memilih "At leats", jangan lupa untuk memasukkan ukuran spasi minimum pada kolom "At"
  • Exactly, pilihan spasi ini mengatur spasi dalam jumlah tetap, jadi anda bisa menentukan jumlah spasi yang anda inginkan. misalnya anda dapat memilih menggunakan "Exactly" dan pada kolom "At" anda bisa memasukkan ukuran spasi dengan 22 pt (poin).
  • Multiple, dengan pilihan ini anda dapat mengtur spasi dengan angka lebih besar dari satu. sebagai contoh pada baris pertama anda menggunakan spasi 1,5, maka pada baris berikutnya akan ditambahkan ruang 15 persen, pada baris ketiga spasi meningkat menjadi spasi triple (300 persen) dan seterusnya.
  • Before dan After : merupakan spasi yang dimasukkan sebelum dan setelah paragraf agar jarak antar paragraf dalam dokumen seragam.