Cara mengatasi IDM yang tidak muncul saat mendownload

Bagi anda sering download file dari internet pasti sudah tidak asing dengan software IDM (internet download manager).  IDM merupakan salah satu tool yang bisa digunakan untuk mendownload. Begitu banyak software bisa digunakan untuk mendownload, namun IDM masih menjadi primadona di hati sebagian orang.  Kenapa demikian? Alasannya, karena dengan IDM anda dapat melakukan tiga hal berikut:
  • Anda dapat mengunduh (download) file dengan lebih cepat.

  • Anda dapat meresume hasil download anda.

  • Anda dapat menjadwalkan waktu download.

Ketika anda telah menginstall software IDM di computer anda, maka anda bisa langsung menggunakannya untuk mendownload. Namun, terkadang mengalami masalah yang sebenarnya kadang hal tersebut bukan masalah. Contohnya, IDM tidak muncul ketika anda mencoba mendownload sesuatu dari internet. Permasalahan tersebut sebenarnya bukan kesalahan.

Karena terkadang pengguna lupa men-setting IDM, sehingga IDM tidak terhubung dengan browser yang anda gunakan. Misalnya anda henda mendownload dari google chrome, maka anda harus memastikan bahwa IDM telah disetting untuk terhubung dengan google chrome. Lalu, bagaimana cara? Perhatikan langkah-langkah di bawah.

5 Langkah cara mengatasi IDM yang tidak muncul saat mendownload

  1. Buka program IDM di computer anda.

  2. Klik menu “option”

  3. idmgakmuncul

  4. Klik “general”, lalu centanglah dua bagian di bawah ini

    • Centang “use advanced browser intergration”. 

    • Bila muncul tab dengan tulisan “do you want to allow following program….”, maka anda lanjutkan dengan klik “yes”

    • Centang google chrome

    • idmgakmuncul

  5. Klik “ok”

  6. Selesai.

Setelah selesai anda bisa menutup IDM anda kembali dengan mengklik “x”.  Biasanya setelah anda mencentang dua bagian tersebut maka masalah selesai.