Cara mengunci sheet di file excel agar tidak bisa diedit orang lain

Ada banyak cara melindungi hasil karya anda dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Begitu pun pada hasil karya anda yang tersimpan dalam bentuk file excel. Selain anda bisa melindungi file dengan menggunakan password untuk membukanya, anda juga melindungi file anda dengan memprotek worksheetnya, dengan cara ini orang lain masih bisa melihat hasil tugas anda, namun mereka tidak akan bisa memodifikasi hasil karya anda.

Dengan cara ini anda tetap bisa berbagi dengan teman atau rekan kerja, tanpa kuatir kalau hasil kerja anda akan dimodifikasi. Lalu bagaimanakah cara memproteksi worksheet pada file excel anda? Ikuti ulasan di bawah sampai selesai, dan anda kan mengetahui cara memproteksi worksheet anda.

10 langkah cara mengunci file excel agar tidak bisa diedit

  1. Buka lembar kerja excel anda.

  2. Arahkan mouse ke nama sheet di bawah, lalu klik kanan mouse anda.


  3. kunciaceltakbisadiedit

  4. Centang bagian “protect worksheet anda contents of locked cells”

  5. Centang “select locked cells”

  6. Centang “select unlocked cells”

  7. kunciaceltakbisadiedit

  8. Masukkan password (kata sandi) pada kolom “password to unprotect sheet”.

  9. Klik “ok”.

  10. Kemudian akan diminta memasukkan password lagi (sama dengan password yang anda ketikkan sebelumnya), untuk mengkonfirmasi bahwa password yang anda ketikkan sudah sesuai dengan keinginan anda.


  11. kunciaceltakbisadiedit

  12. Klik “ok”.

  13. Selesai.

Contoh pada di screenshot adalah contoh untuk memproteksi sheet 1. Anda bisa memproteksi sheet 2, 3 dan seterusnya dengan cara yang sama. Setelah selesai memberikan password pada sheet anda bisa menyimpan file seperti biasa.