Cara mengetahui duplikat meta deskripsi pada blog

Keberadaan meta description pada sebuah website atau blog memang sangatlah penting. Meta description adalah paragraph pendek yang terdiri dari 150 s/d 160 karakter huruf.  Paragraph ini berguna sebagai informasi tentang halaman web anda. Ketika anda berbagi tautan atau link, meta description ini bisa jadi cuplikan tentang halaman web tersebut.

Untuk anda pengguna blogger pasti sudah tahu tentang cara menambahkan meta deskripsi pada blog anda.  Anda bisa menambahkan meta deskripsi pada setiap postingan blog,  caranya  memasukkan teks deskripsi  pada kolom “search description” sebelum anda mempublish artikel anda. Sedangkan untuk meta deskripsi halaman utama blog anda bisa memasukkannya pada kolom meta tags  (settings -->  search preference --> meta tags).  Apabila anda memasukkan meta description dengan dua cara tersebut, maka insya allah tidak akan muncul masalah pada meta deskripsi anda.

Meta deskripsi adalah cuplikan singkat dari teks (sekitar 155 karakter) yang muncul dalam hasil mesin pencari dan tautan link bersama di media social.  Setiap konten sebaiknya memiliki meta deskripsi yang unik, hal ini bertujuan untuk menghindari adanya duplicate meta deskripsi pada blog. Jika antara satu url dengan url lainnya mempunyai meta deskripsi yang sama maka hal ini akan membingungkan mesin pencari. 

Apabila anda memiliki beberapa content dengan meta deskripsi sama, maka anda harus segera memperbaikinya. Memperbaiki permasalahan duplikat meta deskripsi bisa meningkatkan performan website anda.  Lalu bagaimana mengetahui content yang terindentifikasi adanya duplikat meta deskripsi? Tenang saja, anda bisa memeriksanya melalui google webmaster.

Cara mengetahui duplikat meta deskripsi pada website atau blog.
  1. Masuk ke akun google webmaster anda

  2.  Buka dashboard situs atau blog anda

  3. Klik “search appearance”

  4. Pilih  “HTML improvements”

  5. cek duplikat metades
  6.  Perhatikan pada kolom meta description, apabila tulisan “duplicate meta description” berwarna biru, itu artinya ada duplikasi meta deskripsi di blog anda. Anda bisa melihat jumlah duplikat meta deskripsi di sebelah kanan. 

  7. cek duplikat metades
  8. Klik “duplicate meta description” untuk melihat daftar halaman blog yang teridentifikasi memiliki duplikat meta deskripsi.

  9. Jika anda ingin mendownload daftar tersebut, maka silahkan Klik “download this table”

  10. cek duplikat metades
  11. Anda tidak harus mendownload daftar tersebut, anda bisa melihat daftarnya secara langsung mengklik teks meta deskripsi anda.

  12. Selesai.
Cara memperbaiki duplikat meta deskripsi

Duplicate meta description biasanya terjadi ketika anda mengentri meta description secara manual, memasuk kode html meta description  pada html template blog anda. Karena ketika anda memasang meta description di template blog, maka seluruh halaman yang berawalan alamat blog anda akan memiliki meta description yang sama. Nah kesamaan meta description ini disebut dengan duplicate meta descriptions.

Bagaimana cara memperbaiki duplikat meta deskripsi? Untuk memperbaikinya, Buatlah meta deskripsi yang unik pada tiap halaman. Jika anda pengguna platform blogger anda bisa dengan mudah menambahkan meta deskripsi pada tiap halaman sebelum anda publish konten anda. 


Biasanya setelah anda memperbaiki meta description anda, kemudian anda mengecek webmaster akan muncul pertanyan-pertanya seperti , "Saya telah memperbaiki masalah duplicate meta descriptions, tapi kenapa jumlah duplicate meta descriptions pada webmaster masih tetap sama?". 

Setelah anda memperbaiki masalah  meta descriptions, tentunya hal ini akan butuh waktu bagi websmater untuk mengetahuinya. Oleh karena itu setelah anda mengganti meta descriptions, maka tunggulah beberapa hari, minggu atau bulan untuk mengeceknya di webmaster.