7 langkah cara membuat diagram lingkaran (pie chart) di Microsoft excel 2007

Pie chart atau diagaram lingkaran merupakan salah satu bentuk grafik statistik yang berbentuk lingkaran, dimana setiap bagian dari bagian-bagian lingkaran menggambarkan perbandingan angka. Dalam diagram lingkaran anda akan mudah melihat perbandingakan angka dari setiap bagian. Diagram pie biasa digunakan untuk perbandingan yang jumlah yang dibandingkans sedikit.

Karena bila ada banyak yang dibandingkan anda akan susah untuk membaca diagram tersebut. Cara membuat diagram lingkaran dan memberi keterangan diagram sangatlah mudah. Anda bisa membuat diagram lingkaran menggunakan salah satu aplikasi dari microsoft yaitu microsoft excel. Berikut instruksi yang bisa anda ikuti untuk membuat diagram lingkaran.

Lihat juga : cara memberi keterangan pada diagram di Microsoft Excel  2007 (Baca selengkapnya…)

3 langkah cara membuat diagram lingkaran (pie chart) di Microsoft Excel  2007
Pertama. Anda buka aplikasi Microsoft Excel 2007.  Kemudian buatlah tabel yang berisi data yang akan dibuat diagram.

Kedua. Setelah selesai mengisi tabel, silahkan anda memblok seluruh isi tabel. Lalu klik tab "Insert". Perhatikan grup "Chart", lalu klik "Pie". Lalu pilih dan klik model diagram lingkaran yang anda butuhkan.
Excel Diagram Lingkaran
Ketiga. Untuk mengubah warna pada diagram, maka silahkan anda klik bagian yang akan diubah warnanya. Lalu klik tab “Format”, berikutnya anda klik  “Shape Fill” dan pilih warna yang menurut anda paling menarik. Anda juga bisa menggunakan “Shape Outline” untuk mengubah warna garis tepi dari bagian yang telah diklik (dipilih).