Cara agar teman berhenti menandai kita di facebook

Seperti yang kita ketahui  facebook merupakan salah satu situs jejaring social  terbesar di dunia.  Situ jejaring social yang satu ini memang member kepuasaan tersendiri terhadap pengguna.  Facebook menyediakan berbagai fitur untuk member kenyamanan, kemudahan . Apabila seseorang menandai anda, maka secara automotis mereka telah mengirim tautan ke kronologi anda. Misalnya, salah seorang teman menandai anda  pada foto, maka tautan dari foto akan muncul di kronologi atau timeline  anda. Semua pembaharuan tentang  foto tersebut juga akan dikirimkan ke anda. Kalau ada orang mengomentari atau menyukai foto tersebut, maka anda akan mendapatkan pemberitahuan (notification).  

Fitur tagging atau penandaan memberikan kemudahan untuk pengguna. Yaitu, pengguna facebook dapat berbagi foto dan member tahu siapa yang ada dalam foto kepada teman yang ditandainya.  Beberapa orang memanfaatkan fasilitas ini untuk mempromosikan produk mereka. Dengan menandai teman-teman facebooknya, mereka berharap semakin banyak orang mengetahui keberadaan produk tersebut dan keuntungan pun semakin besar. 

Tetap fitur ini kadang sangat mengganggu. Contohnya, anda ditandai seorang teman anda pada foto mereka. Kemudian anda menerima pemberitahuan tentang foto itu. Jika ada yang menyukai foto itu, maka anda akan menerima pemberitahuan (notification).  Begitu pula kalau ada yang mengomentarinya. Bisa anda bayangkan, seandainya anda 200 orang mengomentari dan menyukai foto itu, maka anda pun akan menerima pemberitahuan sebanyak 400 notification. Itu berlaku untuk satu foto, bagaimana jika lebih dari satu foto?  Ya, tentunya hal ini akan menjadi sangat menyebalkan dan sangat mengganggu anda.

Tapi anda tidak perlu risau, kesal dan marah. Karena selain facebook  memberikan fasilitas tagging/penandaan, facebook juga member pengamanan pada akun anda, agar anda bisa menentukan siapa yang dapat menandai anda ataupun mengirim sesuatu pada kronologi anda. Berikut Cara agar teman berhenti menandai kita di facebook. 


  • Anda perlu log in (masuk) ke akun facebook anda
  • Klik menu, yang berupa tanda panah di pojok kanan atas
  • Pilihlah pengaturan/setting

  • stop tag fb
  • Pilih timeline and tagging ( kronologi dan penandaan) 
  • Klik edit, pada kolom “Who can post on your time” atau “Siapa yang boleh mengirim ke kronologi Anda?”


  • stop tag fb1

  • Pilih menu “teman/friends” jika anda mengijinkan teman untuk menandai anda.


  • stop tag fb2

  • Pilih menu “Only me/hanya saya”  jika anda tidak mengijinkan seorang pun menandai anda.
  • Kemudian Close/tutup. Selesai

Itu tadi cara agar teman berhenti menandai kita di facebook. Jika andapun tidak ingin ditandai, maka hindari menandai orang-orang yang tidak berkepentingan dengan foto anda. Dengan memberikan kenyamanan pada orang lain, insya allah kita pun akan mendapat kenyamanan.