Cara pesan tiket kereta api melalui telepon atau call center

  1. Pastikan waktu dan tujuan anda sebelum anda memesan tiket. Lalu hubungi call center reservasi pt kai di nomor 121 atau  021-121.

  2. Setelah tersambung, telepon anda akan dijawab oleh mesin operator yang akan membimbing anda untuk bisa berkomunikasi dengan operator reservasi secara langsung melalui  telepon. Untuk bisa berkomunikasi dengan operator reservasi anda harus menunggu sampai tersambung, lama waktu menunggunya tergantung seberapa sibuk jalur telepon yang masuk ke operator untuk memesan tiket.

  3. Setelah tersambung anda akan ditanya nama dan nomor telepon anda, kemudian anda akan ditanya apa yang anda butuhkan, kemudian anda bisa memesan tiket kepada operator dengan memberitahukan dari dan kemana tujuan anda dan waktu .

  4. Setelah anda memberitahukan dari dan kemana tujuan anda, kemudian operator akan menanyakan jumlah tiket yang anda butuhkan dan nama calon penumpangnya serta identitas (ktp) setiap calon penumpang, kemudian operator akan meminta anda menunggu untuk mengecek ketersediaan tiket yang anda butuhkan.

  5. Jika tiket tersedia, kemudian operator akan memberitahukan letak gerbong kereta dan tempat duduk yang akan anda dapatkan, namun jika tiket tidak tersedia maka operator juga akan memberitahu anda.

  6. Jika masih tersedia, maka anda bisa memilih lokasi gerbong dan tempat duduk sesuai dengan keinginanan anda. Jadi, ketika anda bisa bertanya ke customer service apakah anda masih bisa memilih nomor tempat duduk dan  gerbong. 

  7.  setelah pemesanan selesai. Kemudian ocustomer service akan memberitahu anda cara pembayarannya melalui atm yang sudah bekerjasama dengan pt kai.

  8. Anda akan mendapatkan kode pembayaran dan kode pemesanan, kode pembayaran dibutuhkan untuk melakukan pembayaran melalui atm, sedangkan kode pemesanan dibutuhkan untuk penukaran struk pembayaran tiket kereta dengan tiket kereta api di stasiun.

  9. Setelah selesai pemesanan, anda bisa pergi ke atm terdekat untuk melakukan pembayaran.

  10. Lakukan transaksi seperti biasa di atm dengan melakukan pilihan pembayaran kemudian pilih ticketing kereta api.

  11. Kemudian anda akan diminta memasukan kode pembayaran yang sudah anda dapatkan saat pemesanan.

  12. Setelah selesai memasukkan kode pembayaran, akan muncul nama, jadwal, serta tujuan kereta anda dan lokasi tempat duduk anda, periksa dengan teliti apakah sudah sesuai dengan pemesanan anda.

  13. Bila sudah sesuai, lanjutkan transaksi sampai selesai, dan ambil struk pembayarannya, kemudian tuliskan kode pemesanan pada struk pembayaran anda untuk memudahkan petugas loket mengecek pemesanan anda dan mencetak tiket anda.

  14. Datanglah ke stasiun kira-kira 2 jam sebelum keberangkatan, sebab anda harus menukarkankan struk pembayaran tiket anda dengan tiket kereta api, pergilah ke loket yang khusus melayani penukaran tiket kereta api.

  15. Setelah tiket sudah didapat, anda bisa masuk ke peron stasiun dengan memperlihatkan tiket dan identitas (ktp) anda, kemudian petugas akan mengecek kesamaan identitas pada tiket dengan identitas (ktp) anda, setelah cocok anda akan diperbolehkan masuk.

  16. Anda sudah bisa menunggu sampai keretea yang akan anda naiki datang.