Pengertian histologi

Histologi (gabungan dari kata Yunani: histos "jaringan", dan -logia "ilmu") adalah studi tentang anatomi mikroskopis sel dan jaringan tanaman dan hewan. Hal ini umumnya dilakukan dengan memeriksa sel-sel dan jaringan oleh sectioning dan pewarnaan, diikuti dengan pemeriksaan di bawah mikroskop elektron atau mikroskop cahaya. Studi histologis dapat dilakukan melalui kultur jaringan, di mana sel-sel hidup dapat diisolasi dan dipelihara dalam lingkungan yang tepat di luar tubuh untuk berbagai proyek penelitian. Kemampuan untuk memvisualisasikan atau diferensial mengidentifikasi struktur mikroskopis sering ditingkatkan melalui penggunaan histologis noda. Histologi adalah alat penting dari biologi dan kedokteran.

Histopatologi, mempelajari mikroskopis jaringan yang sakit, adalah alat penting dalam patologi anatomi, karena diagnosis yang akurat dari kanker dan penyakit lainnya biasanya membutuhkan pemeriksaan histopatologi sampel. Dokter terlatih, sering papan-bersertifikat sebagai ahli patologi, adalah personil yang melakukan pemeriksaan histopatologi dan memberikan informasi diagnostik berdasarkan pengamatan mereka.

Ilmuwan terlatih yang melakukan persiapan bagian histologis adalah histotechnicians, teknisi histologi (HT), teknologi histologi (HTL), ilmuwan medis, teknisi laboratorium medis, atau ilmuwan biomedis. Bidang studi mereka disebut histotechnology.

Untuk melihat sumber, lisensi dan membaca selengkapnya anda bisa mengunjungi  http://en.wikipedia.org/wiki/Histology