10 Tata cara menggunakan transportasi udara atau pesawat

Saat ini bepergian dengan menggunakan transportasi udara memang jadi pilihan sebagian orang.  Dengan pesawat terbang jarak yang jauh bisa ditempuh dalam waktu singkat. Untuk anda yang belum pernah menaiki pesawat terbang, sebaiknya anda coba pilihan transportasi ini. Selain untuk menghemat waktu, anda juga bisa menikmati pemandangan dari dalam pesawat saat sedang mengudara. 

Biasanya orang yang pertama kali naik pesawat terbang kan bingung, apa yang harus dilakukan. Berikut ulasan tentang tata cara menggunakan transportasi udara atau pesawat .
  1. Pesan tiket pesawat  terlebih dahulu. Anda bisa memesan tiket melalui agen tiket pesawat  online, ke situs penerbangan terkait, mendatangi langsung agen tiket pesawatnya atau memesan langsung saat di bandara. Ingat, pastikan agen anda terpercaya. Dengan banyaknya modus penipuan, anda haruslah berhati-hati termasuk ketika anda hendak memesan tiketnya Apabila anda memilih memesan tiket dengan mendatangi agen tiket langsung, anda akan mendapatkan lembaran bukti pembelian tiket pesawat.  Jika anda memesannya melalui agen tiket pesawat online, anda akan mendapatkan lembaran bukti pembelian tiket pesawat berupa soft file yang dikirim ke alamat email anda, anda harus terlebih dahulu mencetak (print) nya.

  2. Setelah anda mendapatkan bukti pembelian tiket. Datanglah ke bandara kurang lebih satu setengah jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat anda.

  3. Sesampainya di pintu masuk, perlihatkan lembaran bukti pembelian tiket pesawat anda ke petugas yang ada di pintu masuk.

  4. Kemudian anda akan melewati pintu keamanan yang akan mendeteksi benda-benda yang mencurigakan yang ada pada diri dan barang bawaan anda.

  5. Setelah melewatinya anda harus check-in, yaitu dimana anda harus menukarkan lembaran bukti pembelian tiket pesawat anda dengan tiket pesawat yang sudah berisi nama anda, lokasi pesawat anda dan posisi tempat duduk anda (boarding pass).

  6. Carilah petugas check-in yang sesuai dengan penerbangan dan tujuan yang anda sudah pesan, lalu serahkan lembaran bukti pembelian tiket pesawat dan kartu identitas anda (ktp), kemudian anda akan ditanyakan apakah ada barang bawaan anda yang ingin masuk ke bagasi ? Jika memang ada maka petugas akan merinci dan menandai barang bawaan anda yang akan masuk bagasi dan membawanya ke pesawat, jika memang tidak ada maka petugas akan melanjutkannya dengan memberikan anda boarding pass.

  7. Setelah mendapatkan boarding pass, anda bisa menuju lokasi penerbangan anda yang tertera di boarding pass yang sudah anda dapatkan, lalu menunggu di ruang tunggu.

  8. Anda baru bisa menaiki pesawat bila sudah ada pengumuman atau pemberitahuan dari petugas bahwa pesawat anda telah siap untuk berangkat.

  9. Setelah ada pemberitahuan bahwa pesawat anda sudah siap berangkat, berjalanlah dengan tenang mengikuti arahan petugas sampai ke dalam pesawat.

  10. Sesampainya didalam pesawat anda akan disambut senyuman pramugari pesawat, yang akan menanyakan nomor  tempat duduk anda dan pramugrari akan menunjukkan lokasi tempat duduk anda.

  11. Setelah sampai ditempat duduk anda, taruhlah barang bawaan anda pada kabin pesawat yang ada diatas tempat duduk anda.

  12. Setelah selesai menaruh barang bawaan anda, kemudian duduklah dengan tenang dan pakailah sabuk pengaman yang ada di kursi anda, lalu nikmatilah perjalanan anda.

  13. Setelah tiba di bandara tujuan, anda bisa keluar dengan tenang dan tertib mengikuti arahan petugas.

  14. Bila anda menaruh sebagian barang bawaan anda dibagasi, maka anda harus menuju lokasi  dimana barang bawaan bagasi pesawat dikeluarkan, namun bila anda tidak menaruh barang anda di bagasi, maka anda bisa langsung menuju pintu keluar pesawat.