4 jenis norma yang berlaku dalam masayarakat (untuk sd kelas 3)

Norma agama 

Norma agama adalah pedoman perilaku yang baik sesuai dengan ajaran agama. Dengan demkian anggota masyarakat harus melaksanakan segala perintah yang terdapat dalam norma tersebut. Contoh norma agama yaitu melaksanakan perintah dan manjahi larangan Tuhan, menyayangi tetangga, bersikap lemah lembut dan sebagainya.

Norma susila

Norma susila merupakan konsep yang menata tindakan manusia dalam pergaulan sehari-hari. Contoh norma susila yaitu seorang anak yang mencium tangan orang tuanya ketika akan berangkat sekolah. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan bentuk penghormatan.

Norma kesopanan 

Norma kesopanan yaitu aturan atau petunjuk hidup yang timbul sebagai hasil pergaulan manusia dalam masyarakat. Sanksi  yang diberikan bagi si pelanggar norma kesopanan biasanya akan dikucilkan atau disingkirkan oleh masyarakat setempat.

Norma hukum 

Norma hukum yaitu aturan yang dibuat oleh pemerintah atau lembaga berwenang yang sifatnya mengikat dan memaksa. Norma hukum sangat perlu untuk mengatur perilaku manusia agar tercipta kehidupan masyarakat yang tertib dan patuh terhadap peraturan yang berlaku.
Sumber lks sd kelas 3.