6 Penggolongan jenis hewan

  1. berdasarkan tempat hidupnya hewan digolongkan menjadi;

    • Hewan darat , yaitu hewan yang hidup di  lingkungan darat. Berbagai hewan yang hidup di darat  misalnya hewan yang hidup di atas tanah : gajah, badak dan  kelinci; hewan yang hidup di dalam tanah cacing dan semut dst.

    • Hewan air adalah hewan yang hidup di lingkungan air. Ada hewan yang hidup di laut misalnya ikan hiu dan lumba-lumba. Ada juga ikan yang hidup di air tawar  contohnya, ikan koi dan ikan mas.  Ada juga ikan yang hidup di air payau, air payau adalah air laut dan air tawar yang bercampur.

    • Hewan yang hidup di darat dan di air yang disebut dengan amfibi. Contohnya hewan katak .

    • Hewan yang hidup di udara yaitu jenis burung dan serangga. Hewan yang hidup  di udara memiliki sayap untuk terbang misalnya burung elang dan dan burung merpati. Sedangkan serangga yang hidup di udara misalnya kupu-kupu, lalat dan lebah.

  2. Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannnya.

    • Hewan yang memakan  tumbuhan saja disebut herbivore. Misalnya kambing, kuda dan sapi.

    • Hewan yang memakan daging saja disebut karnivora. Misalnya buaya, kucing dan komodo.

    • Hewan yang memakan keduanya,  tumbuhan dan daging disebut omnivore. Misalnya tikus, monyet dan musang.

  3. Penggolongan hewan berdasarkan penutupnya. Penutup tubuh hewan ada bermacam-macam, seperti bulu (misalnya burung dan ayam), rambut (misalnya tikus dan sapi), sisik (misalnya ikan) dan cangkang misalnya siput.

  4. Penggolongan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya.

    • hewan yang berkembang biak dengan bertelur (ovipar), misalnya ayam, itik, katak, ikan mas dan penyu.

    • Hewan yang berkembang biak dengan beranak (vivipar) misalnya kerbau, kelinci dan harimau.

    • Hewan yang berkembang biak dengan ovivipar (bertelur dan beranak) misalnya kadal.

  5. Penggolongan hewan berdasarkan cara bergeraknya. 

  6. Hewan menggunakan anggota tubuh bagian kaki, sayap, sirip dan perut untuk bergerak. Hewan yang bergerak dengan kakinya ada yang berkaki dua (misalnya ayam), berkaki empat misalnya sapi, berkaki enam misalnya semut, dan berkaki lebih dari enammisalnya laba-laba. Hewan yang bergerak dengan sayapnya dengan cara terbang misalnya burung. Hewan yang bergerak menggunakan siripnya misalnya ikan. Dan hewan yang bergerak menggunakan perutnya misalnya  belut dan cacing.

  7. Penggolongan hewan berdasarkan cara bernapasnya. Hewan bernapas dengan menggunakan paru-paru antara lain ayam, tiku, paus, dan anjing laut. Hewan yang bernapas dengan insang contohnya ikan lele dan berudu. Hewan yang bernapas dengan kulitnya misalkan cacing tanah. Hewan yang bernapas menggunakan trakea misalnya semut dan lebah. Hewan yang bernapas dengan dua alat pernapasan yaitu dengan menggunakan kulit dan juga paru-paru  misalnya katak.