6 Ciri-ciri makhluk hidup

Makhluk hidup memerlukan makanan. 

Makhluk hidup memerlukan makanan agar tetap hidup. Makanan ini diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan tenaga. Hewan dan tumbuhan juga memerlukan makanan  agar tetap hidup.

Makhluk hidup bergerak. 

Manusia bergerak dengan menggunakan kakinya. Manusia dapat berjalan, berlari, duduk dan melompat. Beberpa hewan bergerak dengan alat gerak kaki, sayap, sirip dan perut. Tumbuhan bergerak karenanya adanya rangsang, karena tertiup angin, disentuh ataupun karena rangsangan dari sinar matahari.

Makhluk hidup tumbuh

Pertumbuhan manusia ditandai dengan bertambahnya berat badan dan tinggi badan yang terjadi dengan sangat cepat pada masa balita. 

Pertumbuhan pada tumbuhan ditandi dengan bertambah tingginya batang tanaman dan semakin banyaknya jumlah daun dll. Hewan juga mengalami pertumbuhan dari kecil menjadi besar, bertambah bobotnya, dan mempunyai bentuk yang makin sempurna.

Makhluk hidup berkembangbiak. 

Kemampuan makhluk hidup untuk mempunyai keturunan disebut berkembangbiak. Dengan menghasilkan keturunan yang sejenis (sama jenisnya), maka makhluk hidup bisa tetap melestarikan jenisnya. 

Manusia berkembangbiak dengan cara melahirkan. Hewan berkembangbiak dengan cara beranak dan bertelur. Tumbuhan berkemangbiak dengan cara alami yaitu, dengan biji atau tunas. 

Adapula tumbuhan yang berkembang biak dengan cara buatan, yaitu dengan stek, okulasi, cangkok, dan akar tinggal secara buatan.

Makhluk hidup bernapas. 

Manusia bernapas dengan menggunakan paru-paru. Tumbuhan bernapas dengan menggunakan seluruh permukaan tubuhnya, yaitu melalui mulut daun (stomata) dan pori-pori kulit batang (lentisel) dan melalui akar. 

Hewan juga bernapas dengan berbagai macam cara yaitu, dengan paru-paru, insang, trakea, dan permukaan kulit.

Makhluk hidup menanggapi rangsang

Rangsang adalah suatu sentuhan atau gangguan yang mengenai diri makhluk hidup tertentu. Tumbuhan putri malu akan menutup (mengatup) daunnya bila terkena sentuhan. Beberpa hewan juga peka terhadap sentuhan. 

Bekicot akan memasukkan kepalanya ke dalam cangkang apabila ada yang menyentuhnya..  Manusia juga peka terhadap rangsang, misalnya merasa sakit saat dicubit. 


Sumber lks sd kelas3.