Tips cepat menyelesaikan skripsi atau tugas akhir

Tugas akhir atau skripsi memang menjadi momok untuk sebagian mahasiswa. Ada orang yang merasa sangat berat hendak memulainya. Bahkan ketika diminta atau ditanyai tentang judulnya saja kadang sudah membuat kepala anda merasa pusing. Ada juga mahasiswa yang begitu semangat ketika mulai mengerjakannya , tapi ketika di tengah-tengah pengerjaan skripsi mereka kehabisan ide dan akhirnya dia putus asa.  

Tak hanya itu, ada juga mahasiswa yang  enggan menyelesaikan skripsinya, meskinya sudah selesai 70%.   Bahkan ada juga mahasiswa yang memutuskan berhenti kuliah saat mereka mengerjakan skripsi. Dengan berbagai alasan bermunculan yang digunakan beberapa orang untuk menghindarinya.

Antara satu mahasiswa dan mahasiswa yang lain membutuhkan waktu berbeda-beda untuk menyelesaikan skripsi atau tugas akhir mereka. Ada yang butuh waktu delapan bulan, satu tahun, dua tahun atau malah tidak selesai sama sekali.

Perbedaan waktu yang dibutuhkan mahasiswa untuk menyelesaikan skripsi  terjadi karena berbagai sebab.  Bisa karena mahasiswa malas, karena belum menemukan titik temu antara pendapat mahasiswa dan dosen.  Karena  jenis penelitian yang diambil memang membutuhkan waktu yang tidak singkat.  Ataupun karena memang dia berhalangan untuk menyelesaikannya dengan segera.

Apapun penyebab mahasiswa enggan mengerjakan skripsi atau lamanya dia mengerjakan skripsi, tapi skripsi bukanlah hal yang harus dihindari. Mengulur waktu dalam menyelesaikan skripsi selain akan menambah biaya  pendidikan juga  akan mempersulit mahasiswa itu sendiri.

Apakah anda juga mengalami masalah yang sama? Melihat skripsi sebagai ketakutan atau hal-hal yang harus dihindari? Jika “ya”, maka anda harus merupakan cara mengubah tentang cara berpikir anda tentang skripsi itu sendiri.  Seandainya anda takut, maka hadapilah ketakutan itu.  kalau anda merasa malas karena menganggapnya sulit, maka bersemangatlah.  Apapun alasan anda, anda tidak bisa menghindarinya, tugas akhir atau skripsi.  berikut 7 Tips cepat menyelesaikan skripsi atau tugas akhir
Berdoa dan minta didoakan.

Pahami jenis tugas akhir atau skripsi anda

Sebelum anda melangkah ke skripsi, sebaiknya anda pahami terlebih dahulu tentang jenis kripsi anda. apakah itu penelitian kualitatif, penelitian tindakan atau yang lainnya.  setelah mengetahui jenis tugas anda, anda harus benar-benar memahaminya.

Jika anda tidak memahami jenis penelitian dari skripsi anda, maka anda akan mengerjakan skripsi tanpa arah yang jelas. Selain itu dapat membuat anda berhenti ditengah jalan, tidak memiliki pendapat ketika melakukan bimbingan dengan dosen dan sebagainya. Bahkan jika anda tidak memahaminya akan membuat anda tidak tahu bagaimana harus memulainya.

Misalnya penelitian tindakan kelas, maka anda harus memahami apa ptk itu sendiri dan bagaimana prosedurnya. Dengan memahaminya anda akan mengerti apa saja masalah yang bisa anda angkat, apa solusi yang anda tawarkan, apa instrumen anda gunakakan dan sebagainya. Dengan memahami  jenis penelitiannnya yang anda kerjakan akan memudahkan anda membaca masalah, membuat perencanaan sampai dengan ujian skripsi nanti.

Buat skema, jadwal dan target

Buatlah skema dan jadwal , ini akan memandu anda  dalam mengerjakan skripsi.  ketika anda selesai mengerjakan satu tahap maka anda bisa melanjutnya ke tahap berikutnya.  Selain itu ada baiknya anda membuat target kapan tenggat skripsi harus selesai, ini akan memotivasi anda dan memaksa anda saat anda sedang malas.

Tingkatkan hubungan baik dengan dosen

Tingkatkan hubungan dengan dosen-dosen anda, terutama dengan dosen pembimbing. Jangan sungkan atau segan untuk bertanya jika anda tidak tahu. Jika memungkinkan seringlah berdialog dengan mereka untuk mendapatkan kritik dan saran, baik tentang skripsi atau saran tentang bagaimana baiknya anda menghadapi dosen pembimbing anda.

Bergaul dengan teman yang pintar dan bersemangat.

Bergaulah dengan orang-orang yang pintar dan bersemangat  dalam mengerjakan skripsi. tujuannya agar anda termotivasi, anda dapat berdiskusi dengan mereka dan anda juga bisa memperoleh masukan dari mereka. hindari bergaul dengan orang-orang yang malas, karena akan berpengaruh buruk jika anda tidak memiliki pendirian yang kuat.

Membaca

Pergilah ke perpustakan, carilah buku-buku atau jurnal yang relevan dengan penelitian  anda. semakin banyak bahan bacaan anda, akan meningkatkan kamus anda dan memunculkan kreasi-kreasi baru.  Untuk mendapatkan referensi-referensi yang relevan, jangan sungkan untuk bertukar atau saling meminjam buku dengan teman anda.

Kerjakan

Setelah anda menerapkan semua tips di atas, maka anda harus bergerak dan mengerjakan, serta rajin berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Semua tidak akan berguna jika anda tidak bergerak dan mulai mengerjakannya.