Cara membuat makalah yang baik dan benar serta menarik

Membuat makalah merupakan salah satu tugas yang sering kita dapat saat kita menduduki bangku sma ataupun bangku kuliah. Membuat makalah dianggap mudah oleh sebagian orang dan dianggap sulit untuk sebagian yang lain.  Kesulitan dalam membuat makalah bisa terjadi karena beberapa alasan.

Ada yang kesulitan membuat makalah karena dia tidak tahu susunan makalah. Ada yang sudah tahu susunannya tapi bingung, tentang  apa yang harus dipaparkan. Tapi anda tak perlu bingung, berikut cara membuat makalah yang baik dan benar serta menarik.

Berikut adalah poin-poin yang harus ada dalam makalah
  1. Halaman cover atau sampul
  2. Kata pengantar
  3. Daftar isi
  4. Bab I: Pendahuluan
  5. Bab II : Pembahasan atau isi
  6. Bab III. Penutup
  7. Daftar pustaka
Uraian.

Poin satu sampai dengan tiga, dari cover sampai dengan daftar isi saya rasa tidak perlu dijelaskan lagi. Karena umumnyasemua sudah tahu poin ini. Karena antara makalah satu dengan makalah lain umumnya tidak jauh beda. Mungkin perbedaan secara mendasar pada point ini adalah judul, nama lembaga dll. Sedangkan urutannya kurang lebih sama.

Poin 4 : Bab I Pendahuluan

Pendahuluan umum berisi 3 s/d 4 point. Diantaranya, latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat. Poin manfaat ini tidak harus ada, ada sebagian guru atau dosen yang menyaratkan poin ini dan ada sebagian dari mereka yang tidak mensyaratkannya.
  1. Latar belakang

  2. Latar belakang  merupakan paparan latar belakang atau alasan kenapa anda memilih topic utama. Misal ketika makalah anda akan menguraikan tentang  “teknik pengumpulan data dalam penelitian”. Maka latar belakang nya anda akan menjelaskan kenapa anda memilih topic teknik pengumpulan data dalam penelitian”. 

    Berikut contoh konkritnya. “ Pengumpulan data merupakan kegiatan penting dari sebuah penelitian. Untuk mendapatkan data yang sesuai dan akurat maka peneliti harus memilih teknik pengumpulan data yang tepat. Dst….” Tentunya latar belakang tidak akan sesingkat itu, latar belakang bisa tersusun dari satu atau dua paragraf. 

  3. Rumusan masalah
  4. Rumusan masalah ini merupakan kumpulan pertanyaan yang menjadi pokok permasalahan.   Contoh :
    • Apa pengertian pengumpulan data atau mengumpulkan data?
    • Apa sumber data dalam penelitian?
    • Dst…
    Rumusan masalah ini menjadi pertanyaan dari uraian/pembahasan makalah anda. 

  5. Tujuan
  6. Tujuan adalah tujuan anda membuat makalah. Tujuan ini jumlahnya sama dengan rumusan masalah, dan keduanya memiliki kaitan. Perhatikan contoh tujuan makalah berikut dan amati kaitannya dengan rumusan masalah di atas. Misalnya:
    • Untuk mengetahui tentang pengertian pengumpulan data atau mengumpulkan data.
    • Untuk mengetahui sumber data dalam penelitian.
    • Dst.

  7. Manfaat
  8. Manfaat, pada bagian ini anda bisa memaparkan manfaat apa saja bisa anda atau orang lain dapatkan dari makalah anda.
Poin 5.  Bab II Pembahasan

Bab tiga atau pembahasan memiliki keterkaitan khusus dengan rumusan masalah. Pembahasan makalah anda adalah jawaban dari setiap bagian rumusan masalah. Atau paling tidak harus menjawab setiap rumusan masalah.

Sebagai contoh pada rumusan masalah ada pertanyaan tentang pengertian pengumpulan data. Maka dalam pembahasan harus ada ulasan tentang pengumpulan data. Sajikan teori-teori yang mengulas tentang ari pengumpulan data. Teori-teori disini bukan teori yang anda buat sendiri, tetapi pendapat para ahli.

Misalnya pengertian pengumpulan data menurut Suharsimi Arikunto dan ahli-ahli yang lain. Setelah anda memaparkan beberapa pengertian pengumpulan data dari beberapa ahli, kemudian anda bisa menyimpulkan pengertian pengumpulan data menggunakan bahasa sendiri. 

Tentunya pada pembahasan ini akan mengulas banyak hal tidak hanya tentang pengertian. Tentang segala hal tentang topic dalam makalah. Misalnya teknik-teknik dan penjelasannya, prinsip-prnsip, kelebihan dan kekurangan dan masih banyak lagi yang bisa anda paparkan disini. Tentunya, harus berkaitan dengan rumusan masalah makalah anda.

 Poin 6. Bab III Penutup

Penutup ini terdiri dari dua bagian, yaitu kesimpulan dan saran. Kesimpulan berisi tentang cuplikan singkat dari pembahasan anda. Saran ini beisi saran anda untuk orang lain, saran tersebut tentunya masih bekaitan dengan topic makalah anda. Misalkan makalah anda membahas tentang pengumpulan data, maka bunyi sarannya seperti berikut:

“ Untuk anda yang hendak melakukan penelitian saya sarankan untuk memahami tentang pengumpulan dan dan instrument yang digunakan dalam pengumpulan data. Agar anda mendapatkan data yang sesuai, valid dan reliable”.

Poin  7. Daftar pustaka

Daftar pustaka adalah daftar yg mencantumkan judul buku, nama pengarang, penerbit, dsb yang anda gunakana sebagi sumber pembuatan makalah ini. Memilih buku-buku yang sesuai akan memudahkan anda dalam membuat makalah. 

Saran penulis: ketika anda hendak membuat makalah carilah sumber-sumber dari buku, jurnal atau hasil penelitian sebagai referensi utama anda. Karena hal ini akan memberikan nilai tambah untuk makalah anda. Gunakan sumber dari halaman-halaman yang ada diinternet sebagai sumber pelengkap anda.

Karena referensi-referensi yang anda dapat diinternet tidak dijamin keakuratan dan kualitasnya. Jika anda hanya menggunakan sumber hanya dari halaman internet, maka ini akan menjadi hal penilaian negative untuk makalah anda. 

Uraian tentang cara membuat makalah diatas dibuat berdasarkan pengalaman pribadi. Karena itu penulist tidak menjamin keakuratan dan kehandalannya.  Semoga anda sukses membuat makalah.