5 kelebihan permainan Sudoku

Permainan Sudoku merupakan salah satu game yang bisa anda jumpai di app store.  Game ini cukup popular diantara game puzzle yang lain. Game ini sangat menantang untuk anda para penyuka teka-teki logis. Apabila anda belum pernah memainkannya, maka saya sarankan anda untuk mencobanya. Bacalah petunjuk permainan terlebih dulu, agar anda mengetahui cara menjalankan Sudoku. Kalau anda tidak mengetahui caranya, maka kemungkinan anda bisa menyelesaikannya sangat kecil. Sudoku sebagai game asah otak memiliki banyak kelebihan. Karena itu, permainan sudoku pantas diperkenalkan ke pada anak-anak, meskipun masih usia dini.  Berikut 5 kelebihan permainan Sudoku menurut  Nathan Manning (Game house – Sudoku).
  1. Sudoku mendorong pemikiran logis

  2. Sudoku menuntut keterampilan pemikiran dan penalaran logis. Ini adalah salah satu alasan mengapa Sudoku untuk anak-anak sangat penting - Sudoku dapat membantu mengajar anak-anak belajar keterampilan penalaran deduktif, bahkan di usia muda.

  3. Sudoku mengajarkan pengambilan keputusan 

  4. Sudoku adalah permainan logika dan pemikiran kritis dan membuat keputusan yang cepat berdasarkan bukti yang ada. Anak-anak menyukainya Sudoku karena memberikan mereka lebih banyak kontrol dan kemerdekaan - bukan permainan banyak anak-anak di mana hasilnya jarang ragu-ragu atau di mana tidak ada banyak kemandirian untuk anak-anak untuk mempengaruhi permainan saat berjalan bersama. Dengan Sudoku, anak-anak belajar hubungan langsung antara tindakan mereka dan hasilnya - jika mereka menganalisis masalah dengan benar dan menggunakan penalaran hati-hati, mereka akan mendapatkan hasil yang baik. 

  5. Sudoku membantu anak-anak "melatih otak mereka" 

  6. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa Sudoku dapat membantu orang dewasa mengurangi risiko penurunan fungsi kognitif, dan ada penelitian otak yang signifikan terjadi sekarang yang menunjukkan bahwa manusia perlu latihan otak mereka dengan cara yang sama bahwa kita menjalankan tubuh kita. Makin banyak orangtua menjadi tertarik dalam memperkenalkan anak-anak mereka dengan jenis yang sama dari "permainan otak" untuk membantu anak-anak mereka sendiri mempromosikan perkembangan kognitif yang lebih baik. 

  7. Sudoku lebih "aktif" daripada kegiatan menetap lainnya 

  8. Banyak orangtua khawatir bahwa anak-anak mereka menghabiskan terlalu banyak waktu bermain video game, menonton TV atau menatap inertly di layar. Sudoku adalah bentuk aktif lebih mental, partisipatif rekreasi - karena ketika anak-anak bermain Sudoku, otak mereka bekerja sepanjang waktu. 

  9. Sudoku menuntut perhatian terhadap detail 

  10. Sudoku adalah permainan yang memberikan penghargaan pemain yang memiliki perhatian terhadap detail - memperhatikan pola, bercak peluang, dan menemukan saat yang tepat untuk bergerak. Mempromosikan anak-anak perhatian terhadap detail dapat membantu anak-anak Anda 'pembangunan di berbagai cara - Sudoku dapat membantu anak-anak menjadi pemikir yang lebih tertib dan metodis. Apapun karir anak-anak Anda ingin mengejar di masa depan, jika mereka memiliki pikiran yang terorganisasi dengan baik dan perhatian yang kuat terhadap detail, mereka akan lebih baik memenuhi syarat untuk hampir pekerjaan apapun


Sumber: 5 Reasons to Introduce Your Children to Sudoku (http://www.sudoku.com/how-to-play/sudoku-for-kids-5-reasons-to-introduce-your-children-to-sudoku/#more-118)