4 cara menghemat energi listrik

Periksalah tahihan rekening listrik anda, atau ingat-ingat berapa uang yang anda keluarkan untuk membeli pulsa listrik. Apakah tagihan listrik anda tergolong besar atau kecil? Atau kah tagihan listrik anda tidak sesuai dengan pendapatan anda? Jika ya, maka anda wajib melakukan penghematan listrik. Apapun caranya, setidaknya anda harus mencoba melakukannya. Berikut beberapa cara menghemat listrik:
hemat energy
  1. Matikan lampu yang tidak perlu

  2. Ini merupakan langkah yang sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh setiap orang, termasuk anda.  perhatikan berapa banyak jumlah lampu yang berada di dalam rumah anda.  apakah di saat-saat tertentu lampu-lampu itu menyala bersamaan?  Jangan anda lakukan hal itu, nyalakan lampu di saat anda memerlukannya. Apabila anda hendak memasuki ruangan maka nyalakan, apabila anda meninggalkan ruangan itu maka matikan lampunya. Ini mungkin sepele, tapi ini bisa menghemat kebutuhan listrik di rumah anda. lagi pula, untuk menerapkannya anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

    Apabila anda malas mematikan atau menghidupkan lampu secara manual anda bisa menggunakan occupancy sensor atau pun timer di rumah anda.   Keduanya berfungsi untuk mengubah lampu On menjadi off dan sebaliknya Secara otomatis.

  3. Cabut peralatan listrik yang sudah tidak digunakan

  4. Peralatan listrik yang terpasang tetap menggunakan energy, meskipun sudah tidak digunakan. Karena beberapa peralatan yang menggunakan listrik memerlukan daya standby. Misalnya, anda menonton tv, kemudian anda matikan tv tersebut menggunakan remote saja tanpa mencabut power supply (colokan/kabel power), maka tv tersebut tetap menyedot listrik meskipun dalam jumlah kecil. Penghematan sekecil itu bisa menjadi penghematan yang cukup besar ketika anda selalu melakukannya. Oleh karena itu disarankan matikan tv dari remote dan juga cabut kabel powernya. Hal ini juga berlaku untuk peralatan lain seperti charger, dispenser, peralatan dapur, pengering rambut dan sebagainya. 

  5. Beli dan gunakan peralatan yang hemat energy.

  6. Anda harus cermat ketika hendak membeli peralatan yang menggunakan listrik.  dua peralatan listrik yang sama belum tentu membutuhkan energy yang sama. Pilihlah peralatan yang membutuhkan energy lebih rendah. Peralatan yang menawarkan penghematan energy biasanya harganya jauh lebih mahal. Tapi sebagai pertimbangannya, jika anda menggunakan peralatan hemat energy maka juga dapat membantu menghemat uang di masa mendatang.  Contohnya, gunakan lampu hemat energy seperti lampu LED (Light Emitting Diode). Kini saatnya untuk anda mengganti peralatan lama anda dengan model hemat energy.

  7. Kurangi konsumsi energy listrik dengan menekan penggunaannya.

  8. Misalnya kurangi intensitas pemakaian peralatan listrik. Anda bisa mengatur jadwal menggunakan mesin cuci, dua kali seminggu mungkin. Stop penggunaan pengering rambut, keringkan rambut secara alami. Mandi menggunakan air dingin dan sebagainya.