Cara membuka jendela penyamaran pada browser google chrome

Fitur history (sejarah) pada browser, terkadang membuat penggunanya tidak nyaman. Karena fitur ini memungkinkan orang lain yang menggunakan computer anda mengetahui tentang semua tempat yang anda kunjungi di internet. Semua daftar alamat website/blog/dll tersimpan di fitur history.

Saat anda ingin menyembunyikan daftar tersebut anda harus  menghapusnya secara manual. Bayangkan saja, jika anda ingin menghapus semua 100 url secara manual. Pastinya akan sangat melelahkan. Belum lagi kalau anda lupa menghapusnya, bisa menimbulkan masalah.

Tapi untuk anda pengguna google chrome anda tidak perlu kuatir. Anda bisa menggunakan modus/tipe incognito window (jendela penyamaran). google  mendukung dua tampilan jendela (window). Yaitu, tampilan chrome yang biasa anda gunakan dan tampilan tipe jendela penyamaran (incognito window).

Incognito window berguna untuk menyembunyikan aktivitas browsing pengguna dari pengguna lokal lainnya dari komputer yang sama. Mode penyamaran atau private browsing dapat menjadi solusi anda, saat anda  yang membutuhkan penjelajahan pribadi (private browsing). Atau anda yang menggunakan computer bersama dengan orang lain, dan anda kuatir pada hal-hal yang seharusnya orang lain tidak ketahui.

Beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang mode penyamaran pada google chrome.

  1. Browsing dalam mode penyamaran hanya mencegah Google Chrome menyimpan informasi tentang situs web yang dikunjungi.
  2. Dengan menggunakan mode penyamaran tidak membuat anda invisible pada website yang anda kunjungi. Intinya, jika anda mengunjungi sebuah website melalui incognito mode, maka pihak website tersebut tetap mengetahui kunjungan anda. karena mereka mendeteksi anda menggunakan alamat IP anda.
  3. Apabila anda menggunakan mode penyamaran maka file atau data yang anda download akan tetap tersimpan. 
  4. Jika saat anda menggunakan private browsing anda sedang masuk ke akun google anda, maka histori web anda tetap akan tersimpan pada akun google anda dalam history penelusuran .

Jika anda ingin menggunakan mode penyamaran pada google chrome tapi anda tidak tahu caranya, maka anda tidak perlu kuatir. Tidak sulit kok untuk menggunakan mode penyamaran pada google chrome.

Cara membuka jendela penyamaran pada browser google chrome
  1. Cara pertama, Jika pada taskbar computer anda sudah pin google chrome, maka anda tinggal klik kanan mouse pada pin tersebut. Kemudian pilih “new incognito window” atau “jendela penyamaran baru” .

  2. incognito window

  3. Cara kedua, buka jendela chrome anda seperti biasa. Kemudian klik menu, menu berada pojok kanan atas jendela browser anda.  lalu pilih  pilih “new incognito window” atau “jendela penyamaran baru”. 

  4. incognito window1

  5. Untuk memastikan jendela browser yang anda buka adalah jendela penyamaran, maka perhatikan browser anda. apabila sudah ada gambar detektif seperti dibawah ini, berarti browser yang anda buka adalah jendela penyamaran.

  6. incognito window2