Cara membuat email, cara sign in dan sign out di gmail

Kemudahan yang diberikan oleh google memang sudah dirasakan oleh banyak orang. Diantaranya kemudahannya yaitu terintegrasinya antar akun google. Untuk mendaftar ke berbagai akun google, anda bisa melakukanya dengan memiliki satu akun gmail saja.

Tentu saja, hal itu berlaku hanya untuk produk google yang gratis seperti blog di blogger, google calendar dll. Anda hanya perlu memasukkan alamat emai dan sandi gmail anda, anda langsung bisa masuk blogger, google+, goole drive dan seterusnya. 

Gmail sebagai salah satu layanan surel (surat elektronik) menawarkan berbagai kelebihan kepada anda.  diantaranya, dia menyediakan kapasitas penyimpanan yang cukup besar dibandingkan dengan situs lain.  Selain itu, gmail memungkinkan kita untuk mengirimkan lampiran (attachment).   Belum lagi fitur  conversation view dan penyortiran email dengan menggunakan label.  Dan masih banyak lagi kelebihan gmail.

Cara membuat email di gmail dengan mudah
  1. Kunjungi website www.gmail.com
  2. Klik “create account” atau “buat akun”
  3. Isi data-data yang diperlukan
    • Name/ nama:  pada kolom  ‘first’  isikan nama depan anda, pada kolom ‘last’ isikan nama belakang anda
    • Choose your username : silahkan gunakan 6 s/d 30 karakter untuk membuat username. Misal:  katemi, anda tidak perlu menambahkan kata @gmail.com
    • Create a password:  buatlah kata sandi anda, paling sedikit terdiri 8 karakter.  Jangan memakai password yang sudah anda pakai di situs lain.
    • Confirm your password : silahkan anda masukkan kata sandi yang sama dengan kata sandi di kolom atasnya, tujuannya untuk mengkonfirmasi kata sandi anda.
    • Birthday : masukkan tanggal lahir anda pada kolom day, bulan lahir pada kolom  mont dan year untuk tahun lahir.
    • Gender : pilihlah jenis kelamin
    • Mobile phone: no hp anda
    • Your current email addres : masuk alamat email yang jika anda sudah memilikinya, jika belum punya kosongkan saja.
    • Type the text: masukkan kode verifikasi yang sudah tertera tepat pada gambar diatasnya.
    • Location : pilih lokasi anda mendaftar misal Indonesia
    • Centang bagian kalimat “ I agree……dan seterusnya”

    4. Klik next step
    5. Selesai 

    cara membuat gmail

    Sekarang anda sudah mempunyai akun gmail. Dan bisa anda gunakan untuk masuk atau mendaftar di produk google yang lain. Seperti blogger, google+, google drive dan sebagainya.
Cara log out atau sign out dari akun email di Gmail

Ketika anda telah membuat email, yang wabjib anda ketahui adalah mengetahui cara sign in dan juga sign out (keluar). Anda melakukan sign in ketika hendak memulai aktivitas dengan email anda. Dan anda melakukan sign out  ketika anda telah selesai melakukan aktivitas dengan email anda. Apakah saya harus sign out?

Ya, anda harus melakukannya setiap anda selesai menggunakan email. Terutama ketika anda menggunakan computer secara bergantian (bersama) dengan orang lain, agar orang lain tidak menyalahgunakan email anda.

Langkah-langkah sign out dari akun email di gmail
  1. Klik icon orang yang berada di pojok atas
  2. Google account


  3. Klik sign out atau keluar


  4. Selesai.
Cara masuk ke akun gmail
Setelah anda membuat akun atau mendaftar di gmail, anda harus mengetahui cara masuk atau sign ini ke akun gmail anda. Hal ini sangat penting, karena bila anda Cuma membuat akun aja tanpa tahu cara membukanya kan percuma.

Tentunya anda membuat akun gmail kan tujuannya untuk menikmati layanan dan berbagai kemudahan yang ditawarkan.  Sebenarnya cara masuk atau membuka akun gmail sangatlah mudah. Berikuti instruksi-instruksi yang bisa anda ikuti untuk masuk ke gmail.

Langkah-langkah masuk ke akun gmail
  1. Kunjungi situs mail.google.com atau gmail.com
  2. Masukkan alamat email pada kolom username
  3. Masukkan kata sandi pada kolom password
  4. Klik “sign in”
  5. Selesai.