Tips persiapan belanja untuk hari raya

Banyak orang mengeluh tentang pengeluaran yang terlalu banyak saat hari raya. Baik itu pengeluaran disengaja ataupun tidak sengaja. Saat pergi ke pasar atau mall ada beberapa orang tidak hemat dalam berbelanja. Mereka berbelanja tanpa perencanaan yang jelas. Mereka membiarkan keinginan mereka lepas tak terkendali. Dan mereka tak menyadari kalau isi kantong mereka terkuras habis. Apalagi jika itu wanita, wanita memang memiliki ketertarikan tersendiri dengan yang namanya shoping. Tanpa adanya batas, bisa membuat mereka membelanjakannya seluruh uangnya, seakan-akan dia membutuhkan seluruh barang yang ada dalam toko atau pasar.

Di  masa-masa menjelang hari raya biasanya kebanyakan harga barang akan naik tajam. Kebutuhan berbelanja di saat menjelang hari raya pun tak bisa di tepis lagi. Namun banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menghindari pemborosan uang saat belanja lebar. Berikut beberapa tips berbelanja untuk keperluan hari raya.

Anggaran belanja

Jika biasanya anda mengeluarkan dana besar untuk berbelanja hari raya, maka anda harus menyiapkan anggaran jauh hari sebelum hari raya datang. Anda bisa menyiapkan uang dimulai dari setahun sebelumnya. Anda bisa memulai menabung secara khusus untuk hari raya. Siapkan celengan khusus untuk pendanaan hari raya. Kemudian berbelanjalah sesuai dengan anggaran yang telah anda siapkan, kalau bisa bahkan lebih sedikit dari anggaran. 

Membuat daftar belanja

Buatlah daftar barang yang akan anda beli. Belilah barang-barang yang hanya dibutuhkan, bukan barang yang diinginkan. Anda harus benar-benar bisa memilah-milah, mana barang yang anda butuhkan dan mana yang anda inginkan. jika anda tidak bisa membedakan keduanya, maka sudah dipastikan pengeluaran anda tidak akan terkendali dan  barang yang anda beli belum tentu terpakai. Contoh, anda sudah memiliki busana yang cocok untuk hari raya dan belum pernah anda pakai sama sekali. Maka, tak ada salahnya anda menggunakan baju tersebut, dan tidak perlu membeli busana baru.

Menentukan waktu belanja

Pada saat menginjak hari raya maka harga barang-barang akan naik. Melambungnya harga barang dimulai kira-kira sebulan sebelum hari raya. Di situlah nampak kecerdasan para pedagang, mereka mengetahui kelemahan pembeli. Mereka benar-benar tahu bagaimana menguras kantong pelanggannya, dan memberikan kesenangan pada pelanggannya. Pedagang pun tahu, kapan para pengunjung akan mengeluarkan banyak uang tanpa batas. Untuk mencegah pengeluaran berlebihan, hendaknya anda berbelanja jauh-jauh hari sebelum itu. misalnya anda membeli baju dua bulan sebelum hari raya tiba.