Bagaimana cara membuat blog sendiri gratis?

Saat anda sedang berselancar di internet mencari tentang informasi yang anda butuhkan, pernahkah anda mendatangi/mengarah sebuah blog? kemudian anda pun tertarik, apakah mungkin saya bisa memiliki blog seperti ini? Kalau dipikir-pikir banyak pengalaman yang mungkin anda bisa tuangkan pada blog.  Lalu anda pun bertanya, bagaimana cara membuat blog sendiri dan gratis.

Apa itu blog?

Sebuah blog adalah situs web yang mirip dengan buku harian di mana seseorang dapat menulis postingan yang bisa di baca oleh orang lain. Anda dapat menggunakan blog gratis untuk menulis kegiatan sehari-hari anda atau apapun yang anda inginkan.

Untuk pengunjung, selain mereka bisa membaca postingan anda, mereka juga bisa membuat komentar tentang postingan tersebut. Blog bisa anda gunakan sebagai cara terbaik untuk tetap berhubungan dengan orang-orang tertarik dengan topik yang sama dengan anda, pelanggan dan pengguna internet lainnya.

Apakah membuat blog itu harus membayar?

Bila anda hendak membuat website ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan. Anda harus mendaftarkan domain dan membayar biaya tahunan. Anda juga harus membayar untuk host yang bisa sangat mahal, jika anda menginginkan yang terbaik.inilah perbedaanya blog dengan website, anda bisa membuatnya gratis tanpa uang sepeserpun.

Jadi apakah anda tertarik untuk membuat blog anda sendiri? Tersedia banyak  pilihan platforms (layananan dan penyimpanan) blog gratis yang bisa anda gunakan, seperti blogger, wordpress, weebly tumblr dan sebagainya.

Bagaimana cara membuat blog?

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memilih platformnya. Setelah itu  anda harus mengatur blog anda sehingga siap untuk digunakan. Jika anda masih pemula, untuk memulainya anda bisa menggunakan tema default. Seiring berjalan waktu, anda bisa belajar tentang bagaimana mengganti tema blog.  Memiliki tema yang baik yang akan membuat anda terlihat profesional . Hal lain yang benar-benar harus anda perhatikan adalah,  buatlah blog (weblog) yang jelas.

Untuk blog pribadi, anda dapat bisa mengulas tentang hal-hal kesukaan anda. Misal tentang dunia otomotif, fashion, menggambar, pendidikan dll. Namun, jika anda mencoba untuk membuat uang dari blog maka anda anda harus memiliki blog yang anda berfokus pada satu niche tertentu. Dengan cara ini pengunjung blog akan senang kembali ke blog anda.