5 Cara mengatasi kekurangan ide saat menulis artikel

Membaca

Membaca merupakan salah satu pilihan yang tidak bisa anda tolak. Karena dengan membaca anda akan menambah pengetahuan anda, dari segi isi bacaan anda dan juga tata bahasanya. Anda bisa mendapatkan banyak ide dari tulisan orang lain. Ada banyak blog,website, buku, majalah yang tersedia, yang beberapa isinya benar-benar baik dan informatif.

Jadilah pembaca yang baik, dan biarkan diri anda membuat pemikiran sendiri tentang tulisan yang and abaca. Anda bisa menulisnya dengan topic yang kurang lebih sama, hanya saja anda menuliskannya dengan gaya bahasa yang berbeda.

Jika anda banyak belajar dari membaca, maka hal itu sangatlah bagus. Misalnya anda membaca tentang belajar membuat blog dll. Setelah itu anda bisa menuangkan apa yang telah anda pelajari hari itu dalam artikel.

Membuat daftar pertanyaan

Buatlah daftar pertanyaan, dan cobalah untuk mendapatkan setidaknya dua ide dari masing-masing jawaban dari pertanyaan itu :
Contoh:
  • Apa yang anda minati dari aktivitas sehari-hari Anda? Apakah ada pendekatan tertentu yang membuat Anda bersemangat? Apa keterampilan terbesar Anda?
  • Apa alat yang anda gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan anda?

Anda bisa membuat artikel dari jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut. Misalkan ceritakan pekerjaan anda adalah sebagai blogger. Apa saja hal-hal yang penting dari blogging. Apa yang membuat anda bersemangat sebagai blogger. Alat apa saja yang anda gunakan untuk meningkatkan kualitas blogging anda selama ini. Cerita tentang dunia pekerjaan anda bisa jadi merupakan hal yang menarik untuk orang lain.

Menulis kembali

Menulis kembali postingan yang telah lalu merupakan solusi untuk anda yang kehabisan ide, menuliskannya dengan gaya yang berbeda, sudut pandang yang berbeda dabn

Mereview

Lihat ke sekitar kehidupan anda, begitu banyak barang atau sesuatu yang bisa anda tulis tentangnya.  Misalnya film yang pernah anda tonton atau produk-produk yang anda gunakan. Seperti antivirus, produk elektronik dan seterusnya.

Bepergian

Pergilah ke tempat-tempat yang belum pernah anda kunjungi. Dengan bepergian anda akan mendapat banyak ide dari hal-hal yang baru anda temui. Selain itu anda juga bisa mengulas tentang pengalaman bepergian anda ke tempat yang baru, tentang suasananya, objeknya, dll.