Penggunaan meta tag dalam SEO

Apa itu meta tag?

Sebuah tag HTML khusus yang memberikan informasi tentang halaman Web. Tidak seperti tag HTML normal, meta tag tidak mempengaruhi bagaimana halaman ditampilkan kepada pengunjung. Meta tag memberikan informasi seperti siapa yang menciptakan halaman, seberapa sering halaman  diperbarui, Apakah tentang halaman, dan kata kunci yang mewakili isi halaman website atau blog. Banyak mesin pencari seperti google menggunakan informasi ini ketika membangun indeks mereka.

Dalam SEO (Search Engine Optimization) metatag masih memegang peranan penting. Terutama penggunaan meta description ini sangat penting. Tag ini ditunjukkan oleh mesin pencari sebagai item teks kecil dalam hasil pencarian. Pastikan bahwa metatags pada situs web Anda yang unik untuk setiap halaman dan mencoba untuk membuat mereka semenarik mungkin. Kedua tag judul yang relevan dan tag deskripsi harus membujuk pengunjung untuk mengklik link dalam hasil pencarian.

Ada berapa nama meta tag?

Sepengetahuan saya ada banyak meta tag. Nama meta tag itu diantaranya: html tag title, meta name description, meta name keywords, meta name robots,meta name revisit-after,meta name abstract,meta name author,meta name contact,meta name copyright,meta name distribution,meta name expires,meta name generator,meta name googlebot,meta name language,meta name news keywords,meta name no email,meta name rating,meta name reply-to,meta name slurp dll.

itu beberapa nama meta tag yang saya ketahui. Jujur saya sendiri belum mengerti sepenuhnya tentang semua meta tag tersebut. Mungkin anda, para pembaca mengetahu nama yang lain atau mengetahu makna semua. Jika hal itu benar, maka anda bisa menambahkannya disini.

Apa meta tag yang digunakan dalam SEO?

Ada berbagai macam form (nama) meta tag,  dan mereka  berfungsi untuk berbagai macam keperluan, namun dalam konteks SEO ketika orang mengacu pada meta tag, mereka biasanya mengacu (menggunakan) pada meta name description, meta name keywords, dan meta name robots.  title tag sendiri bukanlah meta tag yang sesungguhnya, tapi disebut juga html tag. itu hal seperti itu tidaklah menjadi penting. Karena sebenarnya dalam title tag itu sendiri kombinasi meta name description dan meta name keywords.

Meta Description tag

Meta Description merupakan atribut HTML yang memberikan penjelasan singkat tentang isi dari halaman website atau blog anda. teks yang dimasukkan dalam bidang ini dapat memungkinkan Anda untuk mengaitkan deskripsi halaman Anda di mesin pencari.  Karena Meta Description tag digunakan pada halaman hasil mesin pencari untuk menampilkan preview halaman website/blog anda.

Dalam meta ini sebaiknya menggunakan kalimat yang mampu menarik pengguna untuk mengklik. Keterkaitan dan keunikannya dengan setiap halaman merupakan kunci utama Meta Description tag . Deskripsi dalam Meta menggunakan paling banyak antara 150-160 karakter.
Contoh kode
<meta name="description" content="tentang resep masakan tradisional indonesia.">

Meta keywords tag

meskipun meta keywords tag bukanlah factor utama yang menjadi pertimbangan dalam hal meningkatkan peringkat situs di mesin pencari. Tetapi sebaiknya meta keywords tag juga tidak diabaikan begitu saja. Karena meta keywords tag merupakan sebuah kumpulan kata kunci dari tema yang yang menggambarkan halaman Anda.

Misal halaman web anda adalah toko baju online, maka kata kuncinya atasan, blouse, kemeja dst. Jika halaman web berisi tentang artikel umum, maka kata kuncinya pendidikan, kesehatan, bisnis dsb.

Contoh kode

<meta name="keyword" content="Shop, Kesehatan, Pendidikan.">