Cara menemukan broken link dengan Google Search Console

Pernahkah anda mengunjungi sebuah halaman website atau blog yang telah rusak? Biasanya,Jika website masih eksis, maka  link yang rusak ini akan berakhir pada pada pada halaman 404 yang error. Tetapi jika website sudah tidak eksis lagi, maka broken link ini akan berakhir pada halaman kesalahan browser (error page).

Dalam dunia SEO, broken link ini sangat berpengaruh. Jika sebuah website atau blog memiliki banyak broken link, maka akan menyebabkan mesin pencari seperti google mengabaikan website atau blog tersebut. 

Jika mesin pencari sudah mengabaikan website atau blog anda, maka bisa kemungkinan besar lalu lintas pengunjung ke website atau blog anda akan turun.  Lalu apa bagaimana cara anda mengetahui apakah di website atau blog yang saya miliki ada broken link atau tidak?

Bagaimana cara menemukan broken link?
Anda bisa menemukan apakah website atau blog anda memiliki broken link atau tidak dengan menggunakan layanan Google webmaster (serang disebut Google Search Console). Tentunya ada harus memiliki akun google terlebih dahulu, kemudian menambahkan website atau blog anda ke google webmaster.  

Setelah anda memiliki akun google dan menambahkan website anda ke google webmaster, anda langsung log in saja. Kemudian pada dashboard Google Search Console anda klik blog anda tersebut. Setelah muncul tab seperti di atas, kemudian klik "Crawl" dan pilih "Crawl errors" (kesalahan perayapan, Lihat tanda panah bewarna merah).
Cara menemukan broken link
Kesalahan perayapan ini bisa terjadi pada tampilan dekstop, smartphone, feature phone. Oleh karena itu klik satu persatu. misal pada gambar diatas, pada tampilan desktop not found = 10 (terkadang juga pada server error). Lalu, scroll ke bawah dan akan muncul tampilan seperti dibawah.
Cara menemukan broken link

Bagaimana cara mendownload broken link dari google webmaster?

Cara mendownload daftar broken link
Pada tampilan akan muncul misal url no 1 adalah 2011/03/&target=blog. Maka url brokenlink yang sebenarnya adalah www.domainanda.com/ 2011/03/&target=blog. Jika anda menggunakan blog gratisan seperti blogspot maka tinggal diganti dengan url blog anda.

Daftar broken link ini juga bisa di download. Jika anda mendownloadnya maka anda tidak perlu mengecek satu persatu. Setelah anda download maka semua daftar broken link akan terdownload menjadi satu file.
Cara menemukan daftar broken link
untuk mendownloadnya anda centang semua url kemudia klik download. kemudian akan muncul klik tab seperti gambar di atas, dan pilih salah satu kemudian klik ok.  setelah di download maka daftar broken link akan seperti gambar dibawah ini (pilih google docs).

Cara menemukan daftar broken link