Pengertian Penelitian Tindakan Kelas menurut para ahli

1.      Definisi PTK menurut para ahli (ke 1)

  • Hopkins (1993) : PTK adalah suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif yang dilakukan oleh pelaku tindakan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan-tindakannya dalam melaksanakan tugas dan memperdalam pemahaman terhadap kondisi dalam praktik pembelajaran.
  • Kemmis dan Mc. Taggart (1988) : PTK adalah studi yang dilakukan untuk memperbaiki diri sendiri, pengalaman kerja sendiri yang dilaksanakan secara sistematis, terencana, dan dengan sikap mawas.
  • Rochman Nata Wijaya (1977): PTK adalah pengkajian terhadap permasalahan praktis yang bersifat situasional dan kontekstual yang ditujukan untuk menentukan tindakan yang tepat dalam rangka pemecahan masalah yanh dihadapi atau memperbaiki sesuatu.
  • Suyanto (1997) : PTK adalah suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapar memperbaiki dan/atau meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara professional.
  • Tim PGSM (1999) : PTK sebagai suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan, serta memperbaiki kondisi di mana praktik pembelajaran  tersebut dilakukan.
Sumber: Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Jakarta : Bumi Aksara.

2. Definisi PTK menurut para ahli ( ke 2)

  •  PTK adalah penelitian yang mengkombinasikan prosedur penelitian dengan  tindakan substantive , suatu tindakan yang dilakukan dalam disiplin inkuiri, atau suatu usaha seseorang untuk memahami apa yang sedang terjadi, sambil terlibat dalam sebuah perbaikan dan perubahan (Hopkins : 1993:44)
  • Kemmis (1983) menjelaskan bahwa penelitian tindakan adalah  sebuah inkuiri reflektif yang dilakukan secara kemitraan mengenai situasi social tertentu  (termasuk pendidikan) untuk meningkatkan rasionalitas dan keadilan dari a). Kegiatan praktik social atau pendidikan mereka. b). Pemahaman mereka mengenai kegiatan-kegiatan praktik pendidikan mereka dan c). Situasi yang memungkinkan terlaksananya kegiatan praktik ini.
  • Ebbutt (1985, dalam Hopkins, 1993) mengemukakan penelitian tindakan adalah kajian sistematik dari upaya perbaikan pelaksanaan praktik pendidikan oleh sekelompok guru dengan melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran, berdasarkan refleksi mereka mengenai hasil dari tindakan-tindakan tersebut.
  • Elliot (1991) melihat penelitian tindakan sebagai kajian dari sebuah situasi social dengan kemungkinan tindakan untuk memperbaiki kualitas social tersebut.
Sumber: Wiriaatmadja, Rochiati.2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.