Penelitian | Ragam penelitian

Penelitian | Ragam penelitian Banyak ragam penelitian, hal ini tergantung dari tujuan, pendekatan, bidang ilmu, tempat dan sebagainya. Diantaranya sebagai berikut:
  1. Penelitian ditinjau dari tujuan

  2. Seorang peneliti ingin menggali secara luas tentang sebab-sebab atau hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu. Sebagai contoh, pada tahun 1970 pemerintah indonesia, yang dalam hal ini departemen pendidikan dan kebudayaan, ingin mencoba metode pengajaran berprograma sebagai metode penyampaian pelajaran. Maka disusunlah seri buku berprograma dan mulai di coba digunakan di sekolah.

  3. Penelitian ditinjau dari pendekatan

  4. Apabila seorang peniliti ingin mengetahui perkembangan kemampuan berpikir anak sekolah dasar kelas I sampai kelas VI, maka dapat dilakukan dua cara atau pendekatan, yaitu pendekatan bujur sangkar (pendekatan longitudinal) dan pendekatan silang pendekatan cross-sectional).

  5. Penelitian ditinjau dari bidang ilmu pengetahuan

  6. Berkenaan dengan jenis spesialisasi dan ketertarikan, maka tentu saja tiap bidang ilmu yang diteliti banyak sekali ragamnya menurut siapa yang mengadakan penelitian. Ragam penelitian ditinjau dari bidangnya adala: penelitian terhadap pendidikan (lebih sempit lagi pendidikan guru, pendidikan kesehatan dan sebagainya.

  7. Penelitian ditinjau dari tempat

  8. Penelitian ini sesuai dengan tempat dilakukannya penelitian. Misalnya, laboratorium. Untuk masa sekarang yang bisa diteliti di labratorium bukan monopoli ilmu pengetahuan alam saja, tetapi  banyak bidang, termasuk penelitian bahasa. Selain itu penelitian di perpustakan juga banyak dilakukan. Contoh analisis isi buku ( content analysys). Penelitian yang paling banyak dilakukan adalah penelitian kancah atau penelitian lapangan. Sesuai dengan bidangnya, maka kancah penelitian akan berbeda-beda tempatnya.

  9. Penelitian ditinjau dari hadirnya variabel

  10. Variabel adalah hal-hal yang menjadi objek penelitian (points to be noticed), yang menunjukkan variasi, baik secara kualitatif maupun  kuantitatif.

  11. Penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif

Sumber :
Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka cipta

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.